banner-detik

face masks

Jenis Masker Wajah untuk Setiap Jenis Kulit

seo-img-article

Menyambung topik hal-hal yang harus dimiliki oleh masker yang bagus, kali ini saya mau membahas tentang jenis-jenis masker wajah.

Berbeda bentuknya, berbeda juga manfaat yang akan diberikan oleh sebuah masker. Hal ini baru saya pahami setelah ngobrol dengan dokter kulit dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K). Tadinya, saya pikir setiap masker ya sama saja, gunanya sebagai treatment mingguan untuk menutrisi kulit. Tapi, ternyata, kegunaan masker bergantung pada bentuk masker itu sendiri.

jenis-masker-wajah-1

So let’s get back to the basics. Apa saja sih jenis masker yang ada di pasaran, dan mana yang cocok untuk kebutuhan jenis kulitmu?

Mmasker-mustika-ratu-reviewasker Bubuk & Cream

Good ol powder mask, adalah jenis masker yang paling pertama yang populer di Indonesia. Biasa hadir dalam bentuk sachet,  dan pemakaiannya biasa dicampur dengan air atau air mawar. Menurut dr. Tina, masker jenis bubuk bagus untuk deep cleansing, karena seperti scrubbing saat proses membersihkannya. Pemakaiannya lebih baik nggak lebih dari 2 kali/ bulan.

Masker krim dalam tube juga kurang lebih memberi efek yang sama. Masker krim yang populer contohnya adalah Glamglow yang banyak variannya itu.

Merek masker bubuk dan krim lokal banyak juga yang bisa dicoba, seperti dari Mustika Ratu atau Viva.

Masker Gel/ Peel Off                        

Jenis masker yang dikeletek ini bagus untuk jenis kulit yang gampang clogging, karena nggak akan menimbulkan residu produk di pori-pori. Populer untuk memberi efek mengencangkan dan mendinginkan kulit. Makanya sering banget digunakan setelah facial di salon-salon atau klinik.

Lihat di sini ya untuk masker peel off favorit FD-ers.

1456900544-Secret_Key-Repairing_Mask_SheetSheet Mask

Ini dia masker yang popular berkat Asian beauty. Makanya banyak banget sheet mask keluaran Etude, My Beauty Diary, dan Klairs. Bentuk masker ini mengandung semacam serum atau essence, yang menurut dr. Tina, sebaiknya jangan dibilas, karena itulah bagian yang menutrisi kulit. Masker jenis ini juga bagus untuk yang kulitnya kering, dan aman untuk digunakan lebih sering, sekitar dua kali/ minggu.

Sleeping Mask

Sulwhasoo Overnight Revitalizing Mask dan Laneige Water Sleeping Pack jadi dua sleeping mask yang paling populer di FD Beauty Review. Tapi menurut dr. Tina, sleeping mask ini sih sebetulnya bukan masker. Cuma produk skincare macam pelembap gel yang dinamai masker biar menarik. Menurut review, banyak yang merasakan manfaat soothing dari sleeping mask. Saya juga lagi pingin coba sleeping mask dari Cosrx ini nih.

Semoga membantu FD-ers semua dalam memilih masker, ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment