banner-detik

makeup

Lebih Jauh Bersama Caroline Septerita, Koordinator Makeup Artist JFW 2016

seo-img-article

Menjelang JFW 2016 wardah mengadakan training for MUA. Apa saja pembekalan dalam training tersebut?

Betul, saat training kemarin para MUA Wardah mendapat pembekalan dari mas Qiqi Franky dan juga saya. Mas Qiqi ini yang telah dipercaya selama bertahun-tahun oleh penyelenggara JFW untuk menyamakan “tune”, sebelum tim MUA Wardah bertugas. Terlihat complicated, tetapi sebenarnya pembekalan kemarin terutama adalah bagaimana menghasilkan base makeup yang sempurna, bagaimana mix n match produk makeup untuk base yang baik. Karena sebenarnya kerja makeup artist dalam JFW ini tergantung pada base wajah yang baik. Kalau base-nya sudah tersetel dengan baik, looknya pasti akan bagus. Apapun gaya makeup dekoratifnya.

 

Jadi bagaimana membuat fondasi/base wajah yang tepat?
Benar, jadi membuat base wajah pada model ini, tidak bisa seragam. Bukan berarti untuk semua wajah kita menerapkan step yang sama. Kalau wajah sudah memakai pelembap, kemudian ada yang harus memakai cream foundie, bisa juga dengan liquid foundie. Yang saya sangat perhatikan, adalah pemilihan tone foundation. Biasanya saya akan menggunakan kombinasi dari 2 shade foundation, jadi misalnya warna kulitnya itu warm, saya akan pakai 1 shade sesuai warna kulit, dan 1 lagi shade cool yang bisa sedikit menetralisir.
Apakah sebenarnya ada tema besar gaya make-up dalam JFW 2016 ini? Dan apa saja look makeup yang kira-kira menonjol?

Temanya saya kira tetap wajah yang flawless, kemudian wajah yang menampilkan kesehatan kulit, tanpa ditutup makeup tebal. Untuk dekoratifnya, seperti tebal tipis alis, warna lipstick, itu looknya pasti akan selalu berulang.

Look-look yang menonjol, sebenarnya ini Wardah yang akan mengeluarkan trennya, yaitu 6 secret look makeup, dengan tema besar Dynamic Bliss. Nanti akan bisa kita lihat (6 look yang merupakan tren 2016 dari Wardah ini sudah diluncurkan pada event JFW 2016).

 

Jakarta Fashion Week 2016
Tiap show kan punya konsep sendiri-sendiri. Apakah tiap desainer sudah mengajukan konsepnya pada Wardah? Bagaimana proses komunikasinya? Karena kan ada 250 lebih desainer dan show yang akan dikerjakan oleh Wardah.

Jadi seminggu sebelum hari-H semua desainer sudah menyerahkan konsep makeup dan rambut kepada show coordinator. Konsep tersebut biasanya seperti lookbook atau moodboard, atau banyak juga desainer yang hanya memberikan keterangan singkat, jika hanya menginginkan makeup natural yang sudah sangat kita kuasai. Pada saat show, desainer juga ada di backstage, dan akan memberikan koreksi langsung apabila makeup yang kita kerjakan pada model kurang sesuai. Tapi kebanyakan look makeup yang diminta tidak aneh-aneh. Untuk yang baju muslim, model kan juga berhijab, biasanya makeup yang diminta adalah makeup natural.

(Saya menunjukkan makeup look dari koleksi #coidentity Dian Pelangi dan London College of Fashion yang sangat playful, bold eyeliner dengan bermacam gaya, mulai dari double eyeliner, tebal di pinggir dan kosong di tengah, arabic style, eyeliner separuh, danlain-lain)

Jakarta Fashion Week 2016 Jakarta Fashion Week 2016

Kecuali seperti koleksi ini yang memang sangat playful, bermain corak dan warna, color clashes, tentu makeupnya pun harus yang experimental, tidak bisa biasa aja. Dian juga meminta makeupnya berani, berbagai gaya eyeliner, sehingga hasilnya seperti ini.

 Apa tantangan terbesar bagi tim di event ini?>>

Slow Down

Please wait a moment to post another comment