banner-detik

beauty school

4 Tahap Skincare yang Wajib Dipahami Pemula

seo-img-article

3. Moisturize

tahap skincare untuk pemula

Dalam memilih moisturizer, satu hal yang perlu kamu ingat: pilih yang cocok dengan jenis kulitmu. Sebetulnya memilih produk skincare lain juga begitu sih, cuma aturan ini betul-betul ditekankan untuk moisturizer. Mengapa?

Jika kamu memiliki jenis kulit kering dan menggunakan moisturizer dengan tekstur gel, teksturnya tidak cukup untuk melembapkan kulitmu karena gel moisturizer lebih ringan dan ditujukan untuk kulit berminyak. Jika kulitmu berminyak, moisturizer yang terlalu creamy atau oil-based juga berisiko menimbulkan breakout.

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Pelembap Wajah

Kulit berminyak juga perlu diberi pelembap, karena justru kulit yang memproduksi sebum berlebihan adalah tanda-tanda kulit yang dehidrasi. Namun hati-hati untuk tidak over-moisturize karena pelembap yang berlebihan malah akan menyumbat pori-pori.

Moisturizer wajib digunakan pada pagi dan malam hari. Di pagi hari, moisturizer merupakan tahap skincare sebelum sunscreen, sementara di malam hari, iniadalah produk terakhir yang kamu pakai sebelum tidur (kecuali ada pengobatan khusus jerawat dari dokter). Untuk kamu yang berkulit kering, pilihlah moisturizer dengan oil-based agar bisa membantu mengunci hidrasi di kulit. Sedangkan untuk kulit berminyak, pilih moisturizer yang water-based untuk bantu mengontrol minyak. Kulit sensitif, pilih moisturizer dengan bahan dasar yang berfungsi melembutkan seperti aloe vera, chamomile, atau calendula.

Terakhir, produk yang paling sering terlewatkan>>

Slow Down

Please wait a moment to post another comment