banner-detik

beauty school

Era Soekamto Melanjutkan Warisan Budaya Lewat Batik Iwan Tirta

seo-img-article

Kecintaan akan budaya Indonesia, khususnya budaya Jawa, sudah melekat pada diri Era Soekamto sejak kecil. Karya-karya sastra Jawa kuno seperti Serat Chentini, Kakawin, dan dongeng Majapahit sudah habis dilahapnya. Ketertarikannya pada budaya Jawa dan kiprahnya sebagai designer ternama Indonesia pun mengantarkannya pada kursi Creative Director di Iwan Tirta Private Collection, yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta batik.

IMG_4751

Bulan Januari kemarin, Iwan Tirta Private Collection bekerjasama dengan Conrad Hotel Bali untuk memamerkan Koleksi Buketan di lobby Timur yang akan diselenggarakan hingga 31 Maret 2015.

Bagi Era, batik Indonesia memiliki kekuatan tertentu yang menjadikannya sangat istimewa. Kekuatan inilah yang membuat batik menjadi salah satu budaya Indonesia yang paling dilindungi kelestariannya. Yuk, simak obrolan kami dengan Era.

Jenis batik seperti apa yang dipamerkan di Conrad Hotel Bali?

Batik yang dipamerkan di lobby Conrad Hotel Bali ini adalah batik Boketan, yaitu batik yang bermotif ikatan bunga-bunga, atau yang lebih dikenal sebutannya yaitu bouquet. Warna-warnanya juga cerah dan bernuansa summer, seperti kuning, pink, atau peach.

Tantangan apa yang dihadapi Era dalam merancang batik? 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment