banner-detik

industry news

Bukan Perempuan Biasa: 8 Menteri Perempuan di Kabinet Kerja

seo-img-article

Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi

Istri dari arsitek Agus Marsudi ini sudah tidak asing lagi dengan hubungan internasional. Dengan jabatan terakhirnya sebagai Duta besar untuk Kerajaan Belanda, Retno berhasil menembus jajaran atas diplomasi yang sejak lama didominasi lelaki. Perempuan yang gemar memakai aksesori kalung ini sering memakai office suit berwarna-warna yang cenderung gelap seperti hitam dan abu-abu.

retno

Facts about Retno Lestari Priansari Marsudi:

  • Orang Indonesia pertama yang mendapatkan penghargaan Order of Merit dari Raja Norwegia.
  • Sebelum lulus dari kuliahnya di jurusan Hubungan Internasional Universitas Gajah Mada, Retno sudah bergabung dengan Kementerian Luar Negeri.
  • Retno merupakan perempuan pertama yang menjadi Menteri Luar Negeri.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

This minister definitely came out with a ‘bang’ and a unique personality that goes with her rock and roll, eccentric style. Selain terkenal lewat kesuksesannya sebagai business woman, Susi sekarang in sedang ramai menjadi kontroversi karena gayanya yang ‘cuek,’ merokok, dan bertato. Banyak hujatan ia terima terkait pendidikannya yang rendah, tapi menteri yang satu ini terpilih karena ‘kegilaannya’ dan pemikirannya yang out of the box.

susi

Facts about Susi Pudjiastuti:

  • Susi adalah seorang single parent yang memilki 3 anak dan satu orang cucu. Ia mengalami kegagalan pernikahan 2 kali namun ia bangga akan statusnya sebagai single parent dan melihat anak-anaknya berhasil disekolahkan di tempat yang bagus.
  • Walaupun tidak lulus SMA, ia dengan gaya kepemimpinannya yang ‘tidak biasa’ berhasil membangun bisnis maskapai dan pelelangan ikan.
  • Susi mengaku tidak bisa kalau disuruh bergaya feminim seperti ibu-ibu birokrat lainnya. Ia menegaskan bahwa tato, rokok, bahkan tingkat pendidikannya tidak akan mempengaruhi kinerjanya sebagai menteri.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment