banner-detik

shopping

Batik Lovers, Kini Pasar Klewer Hadir di Jakarta!

seo-img-article

Para penggemar batik pasti sudah familiar dengan Pasar Klewer. Bagi yang “baru denger,” Pasar Klewer ini adalah pasar tradisional legendaris dan terkenal sebagai pusat batik di Solo. Kalau Anda belum pernah ke sana, better plan your trip soon. Bukan cuma buat berburu batiknya, tetapi pengalaman dan suasana di pasar itu yang nggak ada duanya. Saya sendiri baru sekali mampir di pasar itu, di zaman orang Solo belum kenal Jokowi (kesannya tua banget, ya? :D). Biasanya saya berburu batik murah-meriah di lapak-lapak pinggir pasar, lalu pulang membawa rengginang gula jawa khas Solo.

Nah, bagi yang kangen atau belum pernah ke sana, ada kabar gembira! Saya sendiri kaget dan hampir tidak percaya saat membacanya. Hear this, Pasar Klewer pindah ke Jakarta! Ya benar, Pasar Klewer ada di Jakarta, tepatnya di Pasaraya Blok M! Pasaraya memboyong sebagian pedagang langsung dari Pasar Klewer, Solo, ke Pasar Klewer Pasaraya yang diresmikan tepat pada hari batik, 2 Oktober 2014 lalu.

1-1-IMG_8388

1-Photo (3)

Pak Jokowi dan batik Jokowi a la pedagang pasar Klewer

Acara ini juga istimewa karena dihadiri oleh Bapak Jokowi, Presiden terpilih RI, yang membuka secara resmi Pasar Klewer di Pasaraya. Beliau pasti punya ikatan tersendiri dengan pasar ini, ya. Mungkin waktu di Solo beliau sering sekali belanja di sana. Batik yang dikenakan saat acara ini juga dibeli dari Pasar Klewer, lho.

Nah, Pasar Klewer ini terletak di lantai LG Pasaraya Blok M, satu lantai dengan pusat kuliner. Ada sekitar 80 pedagang yang didatangkan, tetapi tidak hanya dari Klewer, ada juga pedagang batik dari Jogja, Cirebon, dan pesisir utara Jawa. Kita bisa mendapatkan baju-baju batik katun dan shantung murah meriah di sini, seperti halnya di Solo, meskipun tidak banyak. Mungkin karena sudah masuk mal, jadi batik yang didagangkan pun lebih dipilih. Yang lebih banyak adalah busana dan kain batik cap serta batik tulis khas daerah-daerah tersebut, dengan kualitas yang bagus, sehingga harganya pun lebih mahal. Kalau ingin mencari kemeja batik untuk suami, saya sangat merekomendasikan tempat ini. Banyak koleksi bagus dengan corak yang ‘tidak biasa.’

klewer2

Instalasi Batik menuju Pasar Klewer di Pasaraya

1-klewer1

Pasar Klewer ini akan ada di Pasaraya selama bulan Oktober ini sampai dengan 2 November 2014. Selain batik, Pasaraya juga menghadirkan semarak kuliner kota-kota batik di lantai yang sama. Jadi, kita bisa menemui berbagai kuliner khas Jogja, Solo, dan Cirebon, asli dari kota-kota tersebut.

Yang belum pernah ke Pasar Klewer, buruan ke sini, yuk! Mumpung dekat! 😉

Slow Down

Please wait a moment to post another comment