banner-detik

runway report

LUMINESCENCE: Ekspresi Cantik Pengantin Muslimah

seo-img-article
First look of Luminescence

First look of Luminescence

 

Every girl dreams of her wedding dress.

Gaun pengantin, bagi seorang perempuan yang akan melangkah ke jenjang pernikahan, mungkin sama pentingnya dengan momen pernikahan itu sendiri. A wedding dress is an obsession, sebuah gaun yang akan dipakainya sekali seumur hidup, the legendary dress. Sebuah gaun pengantin adalah gaun terindah, yang bisa membuat sang pemakai menjadi wanita tercantik laksana seorang putri di hari istimewanya.

Karena itu, dalam sejarahnya hingga zaman modern, gaun pengantin selalu diwujudkan untuk membuat siluet terindah seorang wanita. Bagaimana (tubuh) seorang wanita dipandang cantik secara ideal dan sempurna. Hal ini diwujudkan dalam material terindah untuk menampilkan aura kecantikan dan kemewahan tertinggi.

Image sebuah gaun pengantin itu begitu melekat sehingga siapapun akan membayangkan sebuah gaun laksana putri, mewah, berkilau dalam warna-warna serba putih. Siluetnya seperti jam pasir yang melekat di bagian tubuh atas, dan mengembang maksimal dibawah. 

Sejak busana muslim mendapatkan tempatnya, mempunyai identitas sendiri, dan dipakai oleh begitu banyak orang terutama di Indonesia, busana pengantin muslimah tidak serta merta mengikuti. Seorang muslimah berhijab yang menjadi pengantin akan mereka-reka sendiri bagaiamana agar gaun atau kebaya pengantinnya bisa luwes diberi penutup kepala. “Tinggal dikasih hijab dan veil, no big deal.

Begitu juga dengan kebaya pengantin, seorang muslimah yang berhijab akan ‘menyesuaikan’ dengan menggunakan dalaman (manset) untuk sepotong kebaya yang biasanya tembus pandang, dan menggunakan inner yang menutup leher serta kerudung yang ditata sedemikian rupa. 

Irna Mutiara, sejak mewujudkan label busana pengantin khusus wanita, telah mempunyai visi bahwa pengantin muslimah bisa memiliki identitasnya sendiri. Baju muslim, termasuk gaun pengantin adalah bagian dari gaya hidup muslim yang memiliki aturannya sendiri. Dan karena gaun pengantin dan kebaya yang selama ini menjadi ‘busana wajib’ secara umum siluetnya tidak cocok dengan kaidah berbusana muslim, kita bisa menciptakan gaun yang berbeda.

Lihat koleksi Irna Mutiara di halaman selanjutnya, ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment