banner-detik

toners mists

Apakah Perlu Memakai Dua Toner yang Berbeda?

seo-img-article

Memakai toner bagi saya adalah salah satu kegiatan yang dapat membuat relax. Ada sensasi dingin saat kapas ditepuk-tepuk ke wajah, dan kulit pun terasa lebih supple sesudahnya. Namun, ada juga yang enggan memakai toner karena malah membuat kulit terasa pedih, panas, atau malah jadi sangat kering. Kalau seperti itu, biasanya toner tersebut mengandung alkohol. Ada juga yang merasa pakai toner atau nggak, kulit terlihat sama saja, jadi memang sengaja dilewatkan. Berbeda lagi dengan Nopai, yang dua bulan belakangan ini justru memakai dua toner sekaligus! Memangnya perlu, ya, memakai toner sampai dua kali di setiap rutinitas pemakaian skincare? Yuk, simak perbincangan kami berikut ini!

face toner

Apa, sih, double tone itu? 

Jadi, double tone itu berarti memakai 2 jenis toner, di mana yang satu berguna sebagai eksfoliator dan yang lainnya untuk hidrasi. Namun, kini kita perlu kembali mengingat makna dari istilah toner itu sendiri. Karena, sekarang ini, beda brand, beda pula istilah yang dipakai untuk toner. Contohnya saja skincare Jepang dan Korea yang kebanyakan memakai istilah lotion atau water.  Tapi fungsinya, ya, sama dengan toner. Toner sendiri adalah tahapan sesudah double cleanse. Toner di setiap brand biasanya tujuannya untuk mengembalikan pH kulit setelah proses cuci muka. Fungsi toner sendiri bermacam-macam:

  • Balancing: mengembalikan kondisi kulit (pH) setelah proses pencucian.
  • Exfoliating: mengangkat sel kulit mati.
  • Hydrating: memberi hidrasi pada kulit.
  • Penetration: mempersiapkan kulit untuk langkah selanjutnya sehingga produk akan terserap dengan bagus.

Seharusnya toner itu mempunyai 4 fungsi di atas, tapi memang tidak ada produk yang sempurna, jadi diperlukan setidaknya 2 toner untuk bisa mencakup semua fungsi tersebut.

Memakai dua toner ini pagi dan malam atau salah satu saja?  Jelasin sedikit, dong, cara pakainya.

Double tone ini bisa dipakai pagi dan malam. Bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Umumnya, toner yang berfungsi sebagai exfoliator dipakai dengan menggunakan kapas, sedangkan yang berfungsi memberikan hydration tidak usah memakai kapas.

Saya sendiri untuk setiap fungsi dan waktu memakai toner yang berbeda. Untuk exfoliator, pagi dan malam saya bedakan; untuk hydrating, pagi dan malam pun saya bedakan. Toner yang berfungsi sebagai exfoliator biasanya mengandung acid yang bagus untuk kulit seperti lactic acid, maupun salycic acid. Sedangkan toner yang fungsinya hydrating mengandung hyaluronic acid.

Anda yang memiliki kulit yang sensitif harus lebih berhati-hati dalam memilih exfoliating toner, karena bisa saja menyebabkan iritasi, dan sebaiknya memulai dengan yang kandungannya lebih ringan dan sehari sekali.

Jadi, dua toner ini dipakai setelah dan sebelum apa?

Exfoliating toner dipakai sesudah double cleanse dengan memakai kapas lalu dilanjutkan dengan memakai hydrating toner.

Urutannya seperti ini kalau lengkap:

  1. Cleansing
  2. Washing
  3. Exfoliating Toner
  4. Hydrating toner
  5. Serum
  6. Face Oil
  7. Moisturizer

Baca halaman berikutnya untuk tahu manfaat double tone dan rekomendasi toner dari Nopai >>

Slow Down

Please wait a moment to post another comment