banner-detik

beauty school

Battle of the Week: Missha vs. Secretkey, the FTE Dupes

seo-img-article

SK-II-Yeast

Jika berbicara tentang produk, maka mungkin yang paling awal yang harus kita lakukan adalah membandingkan kandungan ketiga produk tersebut.

SK-II Facial Treatment Essence Secretkey First Treatment Essence Missha Time Revolution The First Treatment Essence
Galactomyces Ferment Filtrate, Butylene Glycol, Pentylene Glycol, Water, Sodium Benzoate, Methylparaben, Sorbic Acid. Water, Glycerin, Galactomyces Ferment Filtrate, Butylene Glycol, Albutin, Aloevera Gel, Human Oligopeptide-1, Dimethicone, Anthemis Nobilis Flower Extract, Centella Asiatica Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract. Saccharomyces Ferment Filtrate, Propanediol, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Niacinamide, Polyquaternium-51, Bifida Ferment Lysate, Amaranthus Caudatus Seed Extract, Raffinose, Ulmus Davidiana Root Extract, Pentylene Glycol, Piper Methysticum Leaf/Roof/Stem Extract, Glycerin, Beta Vulgaris (Beet) Root Extract, Hydrolyzed Corn Starch, Centella Asiatica Extract, Portulaca Oleracea Extract, Phenoxylethanol, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract, Phellodendron Amurense, Bark Extract, Cassia Alata Leaf Extract, Tromethamine, Water, Adenosine, Ethylexylglycerin, Hydrogenated Lecithin, Acetic Acid, Lactic Acid, Sodium Hyaluronate.

 

Kalau dilihat dari daftar kandungan yang dipakai, SK-II memakai kandungan paling sedikit dan sedangkan Missha memakai lebih banyak kandungan dan memiliki lebih banyak zat aktif. Tapi, lebih banyak tidak selalu lebih baik.

Seperti yang sudah kita ketahui, kandungan rahasia dari SK-II terdapat pada Pitera yang dituliskan sebagai Galactomyces Ferment Filtrate. Tetapi, sebenarnya rahasia Pitera ini tidak hanya pada satu kandungan itu sendiri. Kalau kita membaca lagi mengenai fermentasi, proses fermentasi dan juga kandungan lain serta kadar yang digunakan merupakan hal penting juga. Jadi, walaupun kedua produk SK-II dan Secretkey memiliki Galactomyces Ferment Filtrate, namun ini belum bisa dijadikan patokan 100%. Sementara itu, Missha menggunakan Saccharomyces Ferment Filtrate, atau yang mereka sebut dengan ‘Fissione,‘ yaitu ragi yang didapat dari proses pembuatan bir dan berasal dari satu keluarga dengan Pitera.

Sedangkan untuk iritan sendiri, baik pada produk SK-II dan Secretkey terdapat Butylene Glycol dan pada Missha terdapat Rosemary Extract yang walaupun memang berguna sebagai anti-bakteri, tapi juga diduga bisa menyebabkan iritasi pada beberapa jenis kulit.

Baik Secretkey dan Missha mengandung Glycerin, salah satu kandungan yang saya sukai karena jika diformulasikan dengan benar dan dikombinasikan dengan kandungan yang memberikan kelembapan dan merupakan emolien, maka fungsi glycerin yang dapat ‘menyedot’ air dari sekitarnya, dalam kasus kulit adalah air dari dermis ke permukaan sehingga dapat menjaga kelembapan kulit. Akan tetapi, jika kulit tidak terhidrasi dengan baik, Glycerin malah akan memperburuk dehidrasi pada kulit. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai kandungan-kandungan yang dipakai pada Secretkey dan Missha yang saya rasa perlu di-highlight:

Secretkey First Treatment Essence

  • Human oligopeptide 1: Kandungan sintetis yang digunakan untuk meniru pertumbuhan epidermis sehingga mempercepat proses regenerasi epidermis. Banyak dikenal juga sebagai EGF (Epidermal Growth Factor), all I can say this ingredient is not everyone’s cup of tea. Kandungan tersebut juga banyak dipakai pada produk Secretkey lainnya.
  • Anthemis nobilis flower extract: Antioksidan, anti-bakteri untuk mengatasi jerawat, anti-iritasi.
  • Aloe Vera: Anti-inflamasi dan juga terasa dingin di kulit.
  • Centella Asiatica Extract: Membersihkan, mengkondisikan, menghaluskan dan menenangkan kulit.
  • Camellia Sinensis Leaf Extract: Antioksidan, astringen, emolien, humektan, antimikroba.

Missha First Treatment Essence

  • Niacinamide: Cell-communicating ingredient dan brightening.
  • Bifida Ferment Lysate: Anti-aging.
  • Lactic Acid: AHA yang membantu eksfoliasi sel kulit mati secara kimia, dalam jumlah kecil mampu membuat kulit nampak lebih halus dan dalam jumlah lebih banyak membantu eksfoliasi sel kulit secara menyeluruh dan membuat kulit nampak lebih bagus teksturnya serta lebih cerah.
  • Licorice Root Extract: Anti-inflamasi dan mengandung enzim yang bisa menghampat produksi melanin.
  • Chamomile: Anti-inflamasi dan brightening.
  • Beetroot extract: Antioksidan.
  • Cassia Alata Leaf Extract: Astringen.
  • Lecithine: Antioksidan dan emolien.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment