banner-detik

beauty school

SK-II 101: Produk, Purging, Penyesuaian dan Semua di Antaranya

seo-img-article

Sebelumnya, saya memang pernah menulis artikel serupa mengenai SK-II for Beginners, tapi banyaknya pertanyaan pada artikel tersebut membuat saya berpikir untuk menuliskan versi terbaru dari artikel ini. Mari kita bahas satu per satu pertanyaan yang sering muncul mengenai pemakaian SK-II untuk pemula.

Produk apa yang dibeli terlebih dahulu?

Untuk produk, saya sangat menyarankan untuk membeli Pitera Essence Set, karena sudah terdiri dari tiga macam produk yang sangat sesuai untuk mereka yang masih SK-II virgin. Set ini terdiri dari:

  1. Facial Treatment Essence (75ml)
  2. Facial Treatment Clear Lotion (40ml)
  3. Facial Treatment Mask (1 piece).

Pitera set

Di mana bisa membeli produk SK-II?

Ah, banyak sekali ternyata yang masih menanyakan hal tersebut. Konter SK-II sekarang sudah banyak tersebar di kota-kota besar di Indonesia dan department store terkemuka. Untuk mengetahui secara lengkap mengenai lokasi konter SK-II, bisa menanyakan langsung kepada akun Twitter @SKII_ID.

Memang banyak sekali toko online yang menjual SK-II, akan tetapi mereka bukanlah distributor resmi dan dengan demikian,  kualitas produk tidak bisa dijamin. Anda akan menghadapi risiko kemungkinan barang yang dijual palsu atau sudah produksi lama. Jadi, untuk amannya, beli selalu produk SK-II di konter resmi mereka.

Untuk mereka yang memang tinggal di kota kecil, bisa beli online juga dari Luxola, loh!

Bagaimana cara memakainya?

Saya sebutkan di artikel terdahulu bahwa produk yang pertama kali harus dicoba dari SK-II adalah Facial Treatment Essence. Nah, keuntungan kalau membeli set di atas adalah Anda juga mendapatkan Facial Treatment Clear Lotion alias toner. Biasanya, cleanser dan toner adalah produk yang paling jarang memberikan efek negatif pada kulit, dan toner juga lebih terlihat hasilnya pada kulit. Oleh karena itu, baiknya memang memulai dengan toner terlebih dahulu.

Toner bisa dipakai terlebih dahulu, dikombinasikan dengan perawatan wajah yang sedang dipakai. Setelah 2 atau 3 hari, bisa menambahkan Facial Treatment Essence pada ritual perawatan wajah. Di hari ke 7, Facial Treatment Mask bisa mulai digunakan. Ada baiknya mencoba produk perawatan wajah satu demi satu, jadi kalau ada yang tidak cocok, kita tahu produk mana yang menjadi penyebab.

Baik Facial Treatment Essence maupun Clear Lotion dipakai dengan menggunakan kapas.

Urutan pemakaian 

Nah, karena ada Facial Treatment Essence, banyak yang bingung bagaimana, sih, cara pemakaiannya? Facial Treatment Essence BUKAN essence/serum dan juga bukan toner. Produk ini adalah pre-essence, jadi baik toner maupun essence masih bisa dipakai.

Berikut adalah urutan pemakaiannya:

  1. Cleanser: makeup cleanser (cleansing oil, susu pembersih, makeup remover, etc) [malam] dan foaming wash [pagi dan malam]
  2. Toner: Facial Treatment Clear Lotion [pagi dan malam]
  3. Pre-Essence: Facial Treatment Essence [pagi dan malam]
  4. Essence/Serum bila perlu [pagi dan malam]
  5. Pelembap [pagi dan malam], bisa memakai krim pagi dan malam yang berbeda
  6. Tabir surya [pagi]

Apakah pemakaian SK-II bisa digabungkan dengan produk lainnya yang masih digunakan atau dengan perawatan dokter?

Selama ini, saya sudah mencoba menggabungkan produk Facial Treatment Essence dengan bermacam-macam produk merek lain dan tidak ada masalah. Jadi saya bisa jawab iya. Sayang juga ‘kan, kalau masih ada produk perawatan wajah yang belum dipakai jadi mubazir.

Apakah bisa digabungkan dengan produk perawatan dokter? Selama tidak ada zat aktif yang saling bertabrakan sebenarnya bisa-bisa saja. Jadi, ini PR ekstra untuk mengecek apakah kandungan produk yang dipakai bisa bekerja satu sama lain tanpa memiliki efek negatif.

Enaknya memakai produk dari satu merek adalah kita tahu produk tersebut memang dibuat untuk mengkomplemen satu sama lain.

Akankah saya cocok memakai produk ini?

Nah, ini adalah the one million dollar question. Jawabannya: Saya tidak tahu! Harusnya produk Facial Treatment Essence cocok untuk semua kulit. Lebih baik pada saat memakai produk baru, keep you routine simple. Jadi bisa memantau perkembangannya apakah cocok atau tidak.

Yang cocok buat saya, belum tentu cocok untuk orang lain. Tapi dengan membaca ulasan dari orang-orang yang memiliki kulit mirip dengan kita, kita bisa mendapat gambaran apakah produk yang ingin dicoba cocok atau tidak. Dan untuk SK-II sendiri, thread di forum lengkap sekali, loh. Jadi bisa dicari-cari sendiri ulasannya di sana.

Ada kalanya kulit perlu penyesuaian untuk mencoba produk baru. Yang sangat banyak dialami orang adalah purging di mana kulit seperti mengalami detoksifikasi dan kondisinya sedikit menurun – kadang beruntusan. Apabila setelah seminggu keadaan membaik, maka bisa dikatakan ini hanya purging saja dan normal. Apabila setelah lewat 14 hari kondisi kulit makin menurun dan bahkan sampai breakout, nah, ini baru pertanda produk yang digunakan tidak cocok. Konsultasikan kembali dengan beauty consultant SK-II apabila setelah 14 hari pemakaian kalian mengalami masalah pada kulit.

 

Lastly, selamat mencoba!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment