Produk Beauty yang Wajib Ada di Meja Kantor

Pernah nggak sih, lagi di bosan di kantor dan kebetulan lagi senggang, tangan rasanya gatal ingin dandan? Atau, mendadak harus meeting sedangkan lipstik dan eyeshadow mulai luntur,  wajah rasanya ‘tebal’ oleh timbunan bedak, debu, dan minyak, ditambah wangi parfum yang tinggal kenangan.

Oke, rata-rata dari kita pasti menenteng tas makeup ke mana-mana, tetapi selain makeup pouch yang isinya adalah kosmetik wajib seperti lipstik, eyeliner, dan bedak, menurut saya penting untuk memiliki persediaan produk beauty yang lebih komprehensif di meja kantor. Kenapa? Karena kebutuhan kulit kita acapkali berubah, tergantung kondisi eksternal lingkungan kita. Dan meskipun sedikit high maintenance, memiliki simpanan produk yang ‘lebih’ di meja kantor dan mengubah skincare regime, dapat pelan-pelan memperbaiki kondisi kulit lho, dan juga menyelamatkan kita dalam situasi terjepit (yang berhubungan dengan penampilan). Berikut ini produk beauty yang wajib ada di meja kantor versi saya.

Office Stash

Multi-Use Balm

Mulai dari melembapkan bibir kering, melembutkan tumit yang pecah-pecah, pengganti krim tangan, melindungi bagian tubuh yang lecet, hingga merawat kutikula, multi-use balm seperti Rosebud Salve, Elizabeth Arden 8 Hour Cream, Aquaphor, Egyptian Magic Cream, atau Lucas Papaw Ointment, adalah magic in a tube. Saya sendiri mengandalkan Nude by Nature Papaw Ointment yang berisikan bahan natural seperti coconut oil , jojoba, castor oil, dan beeswax kapanpun ada bagian tubuh yang membutuhkan ‘pertolongan’. Selain itu, ada fungsi kosmetik juga dalam multi-use balm ini. Saya sering menggunakannya untuk merapikan alis, membaurkannya di tulang pipi sebagai highlight, atau when feeling adventurous, mengoleskannya pada kelopak mata untuk mendapatkan glossy lid look.

Makeup Remover/Face Cleanser

Dulu waktu zamannya punya kulit bermasalah, dokter kulit saya menyarankan untuk mencuci wajah tiga kali sehari: pagi, siang, dan sore atau malam sesudah berkegiatan, karena kulit saya cenderung berminyak dan mudah jerawatan. Tapi kan rasanya malas ya, sudah repot-repot dandan di pagi hari, ehh selang beberapa jam harus dihapus. Belum lagi, terlalu sering mencuci wajah malah akan membuat kulit kering dan akhirnya tambah jerawatan. Setelah melalui berbagai trial and error, saya menemukan tambatan hati pada Bioderma Sensibio H2O, pembersih super ringan, aman bagi kulit sensitif, DAN tidak perlu dicuci dengan air. Penting nih, kalau kamu tergolong manusia pemalas seperti saya, hehe. Tak perlu beranjak dari meja, tinggal tuangkan Sensibio ke kapas, diusapkan pelan-pelan ke seluruh wajah hingga tak ada residu foundation atau kotoran yang tersisa, lalu keringkan wajah dengan lembut. Rasanya sama bersihnya, kalau tidak lebih bersih, dengan mencuci wajah dengan air.

rekomendasi-sunscreen1

SPF

Nah, benda yang satu ini adalah wajib hukumnya dimiliki siapapun yang menginginkan kulit awet muda. Kamu pasti sudah tahu kan kalau kami di sini merupakan suporter garis keras dari yang namanya sunblock dan betapa krusial perannya dalam perawatan kulit, mengingat sinar UVA dan UVB adalah salah satu musuh besar kulit. Meskipun sudah menggunakan SPF berangka tinggi dan PA+++, di pagi hari, tak ada jaminan perisai kulit tersebut tidak luntur oleh keringat dan minyak. Bersihkan wajah dan oleskan kembali SPF dua atau tiga jam setelah pemakaian pertama atau 20 menit sebelum keluar dan ‘menghadapi’ sinar matahari. Semenjak lebih religius soal SPF, age spots saya lumayan improving lho, diiringi dengan pemakaian brightening treatments tentunya.

Neutral-toned Lipstick

Saya yakin kalian semua pasti menyimpan setidaknya 1 warna lipstik di dalam tas. Tapi just in case tas makeup tertinggal, selalu sediakan satu lipstik bernuansa netral sebagai cadangan. Netral disini adalah nuansa nude dengan pink-brown undertone , seperti MAC Lustre Viva Glam VI atau Bobbi Brown Pot Rouge Powder Pink, yang juga bisa digunakan sebagai blush. Mengapa netral? Karena lipstik merah tidak selalu pantas diaplikasikan ke segala suasana, and you can never go wrong with nude lipstick.

Parfum

Soal ini rasanya tak perlu kembali dijelaskan detailnya ya. Buat saya, wewangian banyak manfaatnya, mulai dari menancapkan sebuah first impression yang mengesankan, menghalau aroma tak sedap, hingga meninggikan suasana hati. So, a perfume is a must, must, must. Berhubung saya penggemar parfum fruity, D&G L’Imperatrice yang beraroma watermelon dan musky ini menjadi pilihan. Aromanya feminin dan cukup kuat sehingga tak perlu berlebihan menyemprotkannya.

Moisturizer or Tinted Moisturizer

Banyak yang mengeluhkan udara kantor yang terlalu dingin oleh AC, sehingga menyebabkan kulit dehidrasi. Ya, udara dingin memang membuat kelembapan menguap dengan cepat sehingga baik kulit hingga mata akan terasa kering. Meskipun banyak pelembap yang menjanjikan hidrasi berjam-jam, tak ada salahnya mengulangi aplikasinya setelah membersihkan wajah. Bonusnya, kulit akan senantiasa terasa kenyal dan nyaman. Pilih pelembap yang rich kalau kulit kamu sangat kering plus AC kantor yang super dingin. Simpan sedikit pelembap dalam container kecil agar lebih praktis. Saya sendiri memilih tinted moisturizer berupa Erborian CC Crème HD yang sudah mengandung pelembap, untuk coverage lebih agar warna kulit tetap terlihat sehat.

 

Dry-Shampoo

Dry Shampoo and Bobby Pins

Nggak ada lagi menghindari meeting dengan alasan bad hair day jika kita menyimpan dry shampoo di laci kantor. Saat tidak sempat keramas dan rambut mulai lepek, cukup semprotkan dry shampoo seperti Batiste Dry Shampoo, Klorane, atau Oscar Blandi pada akar rambut sambil menundukan kepala. Sisir ke arah bawah dan sibakkan rambut ke atas. Rambut pun akan terlihat lebih bervolume dan terasa bersih. Gulung rambut ke atas dan sematkan bobby pins atau jepit hitam jika rambut tak mungkin diurai.

Brown Creamy Pencil Eyeliner

Mengapa saya memilih warna cokelat dan teksturnya harus creamy? Karena warna hitam can be too severe dan tekstur creamy lebih versatile dalam pengaplikasiannya. Disini saya memilih Clinique Cream Shaper For Eyes Brown Sugar untuk diandalkan. Warna cokelatnya tergolong netral dan teksturnya mudah dibaurkan dalam waktu singkat. Karena nuansanya yang natural, pensil ini juga bisa digunakan untuk mengisi alis, dan dibaurkan pada seluruh kelopak mata agar mata terlihat lebih dalam sebagai pengganti eyeshadow. Sayangnya, formulanya agak mudah luntur sehingga pensil ini lebih cocok digunakan untuk touch-up.

Soothing Eye Roller

Sebelumnya, saya meminta maaf karena produk yang satu ini malah tidak ada di gambar. Kebetulan punya saya sudah habis dan belum sempat membeli yang baru, hehe, Nevertheless, i always count on Garnier Light Brightening Eye Roll-On yang mengandung kafein untuk bantu mengempiskan kantung mata, mencerahkan lingkaran hitam, memberikan efek menyejukkan, dan melembapkan daerah bawah mata. Ujung besi roll-on produk ini cukup dingin untuk ‘membangunkan’ saya dari rasa kantuk yang kerap muncul usai makan siang.

Bagaimana dengan kamu sendiri? Adakah ‘senjata’ kecantikan yang selalu tersimpan di meja kantor?
Please share with me in the comments bellow :)