banner-detik

beauty school

Makeup 101: Ragam Bedak, Fungsi & Cara Pemakaiannya

seo-img-article

Kalau bicara tentang makeup wajah, pemilihan bedak yang tepat sama pentingnya dengan pemilihan foundation. Walaupun kita sudah memakai foundation yang pas dengan kulit kita tetapi bedak yang digunakan tidak tepat, maka bukan tidak mungkin kalau hasil makeup yang kita dapatkan tidak sesuai dengan harapan. Bedak sendiri ada bermacam ragam. Fungsi, cara pemakaian dan hasil akhirpun berbeda-beda.

First thing first, what is powder? Bedak digunakan untuk mengeset foundation yang telah kita pakai supaya tidak licin, cepat luntur dan belang tidak rata. Fungsi bedak salah satunya adalah untuk menutupi atau memberikan coverage lebih pada kulit.  Bedak dipakai di tahap akhir makeup dan dipakaikan tipis-tipis saja sehingga tidak terlihat cakey.

Berikut adalah beragam jenis bedak dan fungsinya:

1. Loose Powder

super_matte_loose_powder_70601

Untuk pemakaian di rumah pada saat kita ingin mengeset foundation memakai bedak tabur adalah pilihan terbaik. Bedak tabur memberikan hasil sheer dan natural. Semakin halus bubuknya, akan semakin flawless pula hasilnya. Pastikan hanya memakai sedikit saja bedak, karena terlalu banyak memakaikan bedak di atas foundation akan semakin cakey hasil akhir yang didapat.  Untuk menggunakannya bisa memakai puff atau powder brush.

Dalam memilih bedak, sebaiknya pilih bedak dengan warna paling dekat dengan warna kulit kita. Untuk kulit berminyak, pilih bedak dengan hasil akhir matte sehingga kulit tidak terlihat berminyak dan dapat juga membantu mengontrol minyak di wajah. Sedangkan untuk kulit kering, pilih bedak yang terdapat sedikit shimmer sehingga kulit tidak terlihat kusam dan kering karena partikel shimmer tersebut dapat membantu memantulkan cahaya yang jatuh pada wajah sehingga terlihat kesan muka sedikit lembap.

2. Pressed Powder

hd_pressed_powder_3Bentuknya padat oleh karena itu adalah produk yang tepat untuk touch up di tengah hari. Bedak padat ini bisa digunakan di atas makeup apabila terlihat makeup sedikit luntur agar wajah terlihat segar kembali. Tapi ingat, jangan sampai keliru dengan compact foundation.

Pemilihan pressed powder sebaiknya pilih yang hasil akhirnya sheer sehingga apabila digunakan di atas makeup tidak akan terlihat cakey. Bisa digunakan dengan puff atau powder brush. Jika menggunakan puff, gunakan dengan cara menepuk-nepuk halus puff ke wajah dan jangan pernah menyeret puff karena akan membuat makeup terlihat streaky.

 

3. Powder Foundation

Duo Mat MUFESolusi terbaik apabila tidak ingin berlama-lama dandan. Powder foundation bisa digunakan sendiri (tanpa foundation) dan agar tahan lebih lama, jangan lupa untuk tetap memakai primer sebelumnya.

Walaupun biasanya powder foundation dijual bersamaan dengan puff, tapi saya merekomendasikan untuk memakainya dengan powder brush agar hasil akhir tidak cakey. Sapukan sedikit-sedikit bedak tersebut merata keseluruh wajah dan apabila coverage yang dihasilkan kurang bisa menyapukan bedak lagi keseluruh wajah. Sedangkan jika kita menggunakan puff hasil yang didapat akan langsung tebal jadi kita tidak bisa mengontrol hasil yang ingin kita dapatkan.

Satu hal yang harus diingat, pastikan wajah sudah kering, dan tidak lembap pada saat menyapukan powder foundation atau hasil akhirnya akan tidak merata di area-area yang masih lembap. Salah satu caranya untuk memastikan bahwa wajah dalam keadaan kering adalah dengan menggunakan blotting paper.

 

Jadi sekarang sudah tahu kan macam-macam bedak dan kegunaannya? Jangan sampai salah memilih, ya.

 

Images taken from www.makeupforever.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment