banner-detik

lifestyle

Langkah Sederhana Untuk Mulai Berinvestasi

seo-img-article

Mau punya uang untuk investasi? The little things matter. Banyak hal-hal sederhana yang apabila dilakukan, akan berdampak besar pada keuangan Anda.

Keputusan untuk berhenti merokok tidak hanya menyehatkan tubuh Anda, tetapi juga akan menyehatkan keuangan Anda. Anda pun menyadari bahwa dengan berhenti merorok, Anda akan memiliki tambahan arus kas sebesar Rp. 20,000/hari alias Rp. 600,000/bulan!

Cara termudah memang mengurangi pengeluaran. Namun, seperti saya katakan sebelumnya, penghematan harus dimulai dari area yang paling tidak berdampak kepada emosional dan kehidupan Anda. Dan yang penting juga, penghematan haruslah signifikan. Yuk, kita lakukan latihan berikut ini.

Daftar 10 Janji Hemat

1. Berhenti merokok                                                   Rp. 600,000

2. ____________________________________________ Rp.__________________

3. ____________________________________________ Rp.__________________

4. ____________________________________________ Rp.__________________

5. ____________________________________________ Rp.__________________

Jumlah penghematan per bulan                             Rp. _________________

Jumlah penghematan per tahun                             Rp. _________________

Setelah Anda menuliskan janji-janji Anda di kolom kiri, maka setiap akhir bulan, isilah kolom kanan dengan penghematan yang berhasil diperoleh sebagai hadiah atas terlaksananya janji-janji Anda.

Mulai bisa membayangkan apa yang dapat Anda peroleh dengan melakukan 5 janji-janji yang lain itu? Saya harap latihan ini dapat benar-benar meningkatkan sisa arus kas Anda setiap tahun, yang jadi sumber dana utama untuk berinvestasi.

Investasi memang salah satu elemen penting dalam proses merencanakan keuangan. Dengan 600 ribu, Anda saya pastikan dapat membuat perubahan besar dalam kondisi finansial keluarga. Apabila diinvestasikan ke reksadana saham misalnya, dengan asumsi return 20% per tahun, maka secara matematis Anda akan memiliki saldo dana pensiun sebesar 2,8 milyar. Keren kan?

Live a beautiful life!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment