banner-detik

beauty school

SPF Q&A

affi

affi/ 9

seo-img-article

pd_sunscreen_070425_mnHallo Fashionese Girls, saya mau tanya dong sama beauty editor nya, kan saya pake sunblock SPF 30 sehari hari nya, tapi sebelum pake sunblock kan pake pelembab SPF 15 trusnya setelah sunblock pake foundation yang ada SPF nya juga (kalo ga salah SPF 10), nah jadi nya itung itungannya gimana sih? Apa berarti kulit saya sudah terlindungi oleh SPF yang kadarnya 55 dan berarti lebih ampuh atau di ambil yang paling tinggi nya (30)?..Bingung saya. Di tunggu jawabannya ya, thx in advance and keep up the good work on the website!

Very good question! So good that I actually had to do a little research to answer it. Hehehe. Like I mentioned before, I am no scientist. So to answer questions like these, I wanted to make sure I get my facts right by visiting several (hopefully) trusted websites. So here’s what I found (pake bahasa Indonesia aja ya supaya nggak ribet 🙂 )

SPF (Sun Protecting Factor) adalah ukuran yang menentukan tingkat perlindungan sebuah produk di kulit kita dari sinar UV. Teorinya, semakin besar kadar SPF dari sebuah produk, semakin lama juga kita bisa ‘berpanas-panasan’ di bawah sinar matahari tanpa takut terbakar sinar UV yang jahat itu. Cara ngitungnya begini : misalkan kalo tanpa sunscreen kulit kita terbakar matahari dalam waktu 10 menit, kalo kita pake SPF 10, berarti kulit kita tidak akan terbakar sampai dengan kira-kira 100 menit (kurang dari 1 jam).

Nah, kalo kita pake beberapa produk yang mengandung SPF dengan kadar berbeda-beda, ternyata kadar SPF tersebut tidak berarti jadi bertambah tapi perlindungan yang kita dapatkan adalah dari produk dengan SPF tertinggi. Jadi misalkan kita pake moisturizer dengan SPF 30, makeup primer dengan SPF 15 dan Foundation dengan SPF 10, umumnya kita mendapatkan perlindungan sebesar SPF 30 itu.

Hal yang mesti diinget pada saat kita memakai lebih dari 1 produk dengan SPF adalah kita harus menunggu tiap produk meresap di kulit kita dulu, baru memakai produk dengan SPF berikutnya. Karena katanya kalo ‘ditumpuk’ dalam keadaan masih lembab / basah, kadar SPF di 2 produk tersebut bisa terpengaruh dan bahkan berkurang!

Oiya, one more valuable info adalah, banyak produk dengan SPF yang hanya melindungi kulit kita dari sinar UVB. Padahal, sinar UVA juga sama berbahayanya. Jadi carilah produk sunscreen atau moisturizer yang ber-label “Broad spectrum UVA/UVB” karena artinya produk tersebut dapat melindungi kulit kita dari kedua sinar berbahaya tersebut.

Hope that answers your question!

image thegreenmomreview.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment